Kamis, 30 Maret 2017

tugas kelas 11.4A.25

APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT  KATA
WAWANCARA
KUESIONER
OBSERVASI
BERICONTOH SEDERHANA?

29 komentar:

  1. Nama : Christin
    NIM : 11151052
    Kelas : 11.4A.25

    Data Hasil Penelitian
    Seseorang yang telah menyelesaikan penelitiannya, ia harus menulis laporan hasil penelitiannya. Menulis laporan hasil penelitian harus ditulis berdasarkan kerangka yang sudah baku. Kerangka hasil penelitian terdiri atas Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Laporan Penelitian dan pembahasannya, Kesimpulan dan Saran ditambah dengan Daftar Pustaka serta Lampiran-Lampiran bukti hasil penelitian.

    Wawancara
    Wawancara merupakan percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi, biasanya dilakukan oleh suatu instansi untuk menyeleksi tenaga kerja/calon anggota suatu organisasi.
    Contoh : wawancara seleksi calon anggota baru teater

    Kuesioner
    Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.
    Contoh : Kisi -kisi angket kemandirian siswa dalam memilih karir (Kuantitatif)

    Observasi
    Observasi yang berarti pengamatan bertujuan untuk mendapatkan data tentang suatu masalah, sehingga diperoleh pemahaman atau sebagai alat re-checkingin atau pembuktian terhadap informasi / keterangan yang diperoleh sebelumnya.
    Contoh : catatan yang bersifat anekdot (anecdotal record) tentang seorang siswa sebagai berikut : 12-8-1990 : sebelum bel berbunyi ketika anak-anak sedang bercakap-cakap dalam kelompok-kelompok kecil, B tinggal seorang diri. 17-8-1990 : B tidak ikut ambil bagian dalam diskusi yang diadakan oleh teman-temannya tentang apa yang akan dilihat di moseum. 23-8-1990 : B membuat karangan tentang kunjungan ke moseum, tapi kemudian ia merobek tulisannya dan melemparkannya ke keranjang sampah. Dan sebagainya. Ada beberapa kelemahan dalam penggunaan observasi dan anecdotal record, yaitu sebagai berikut: Karena adanya tugas-tugas lain sering guru-guru tidak mempunyai kesempatan untuk menuliskan hasil-hasil observasi yang telah dilakukan. Pencatatan hasil-hasil observasi dan penafsiran terhadap catatan-catatan observasi tersebut seringkali sangat subyektif.

    BalasHapus
  2. Nama :Nur Husnina Hasyyati
    Nim :11150331
    Kelas :11.4A.25

    Data Penelitian adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lambang.

    1. Wawancara
    Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
    Contoh wawancara pribadi:
    Pewawancara(P): Apakah Anda sudah pernah merasakan donat J.Co?
    Subjek(S) : Sudah pernah.
    P : Bagaimana pendapat Anda tentang cita rasa donat tersebut?
    S : Menurut saya donat tersebut enak, empuk, tidak terlalu manis, dan jenisnya beraneka ragam.
    P : Seberapa sering Anda mengkonsumsi donat tersebut?
    S : Sekitar tiga minggu sekali.
    P : Kapan terakhir kali Anda mengkonsumsinya?
    S : Dua minggu yang lalu.

    2.kesioner
    Kuesioner merupakan pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden untuk menjawab. Sebelumnya harus dipastikan kebenaran atas responden yang diteliti berdasarkan kriteria respondennya.
    Contohnya Guru sebagai motivasi belajar Siswa

    3.observasi
    Dalam menggunakan observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan format atau blangko pengamatan sebagai instrumen pertimbangan kemudian format yang disusun berisi item-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarkan. Dari peneliti berpengalaman diperoleh suatu petunjuk bahwa mencatat data observasi bukanlah sekedar mencatat, tetapi juga mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penilaian kepada skala bertingkat.
    Misalanya memperhatikan reaksi penonton televisi, bukan hanya mencatat rekasi tersebut, tetapi juga menilai reaksi tersebut apakah sangat kurang, atau tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki.

    BalasHapus
  3. Nama : Siska Fitriyanti
    Nim : 11150651
    Kelas : 11.4A.25

    APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Jawab: Data hasil penelitian adalah bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang telah diteliti.

    JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    WAWANCARA
    Jawab: Wawancara adalah bentuk percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara dan orang yang diwawancarai atau narasumber.
    » Contoh wawancara terstruktur:
    P : Apakah Anda mengetahui tentang peristiwa kebakaran yang terjadi di komplek pertokoan ini yang baru terjadi kemarin?
    S : Iya
    P : Kapan peristiwa kebakaran tersebut terjadi?
    S : Sekitar pukul 20.30 WIB.
    P : Di mana Anda berada saat kebakaran terjadi?
    S : Saya berada di dalam toko saya yang berjarak 300m dari kebakaran tersebut.
    P : Bagaimana tindakan Anda begitu mengetahui peristiwa tersebut?
    S :Langsung menelpon petugas pemadam kebakaran dan menyelamatkan berkas-berkas penting serta barang berharga lainnya.
    » Contoh wawancara tidak terstruktur:
    P : Apakah Anda mengetahui akan tawuran antar pelajar SMA yang baru saja terjadi di kota ini?
    S : Iya
    P : Anda mengetahui peristiwa tersebut dari mana?
    S : Dari teman saya.
    P : Apakah teman Anda melihat langsung kejadian tersebut?
    S : Iya, ia sedang melintas daerah tersebut saat tawuran terjadi.
    P : Apakah teman Anda ketakutan ketika melihat peristiwa tersebut atau malah mendekat ke lokasi?
    S : Ia malah mendekat ke lokasi dan sempat mengambil beberapa foto kejadian tersebut.

    KUESIONER
    Jawab: Kuesioner adalah suatu daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh responden atau orang tua/ anak yang ingin diselidiki.
    Contoh: Tujuan Anda berkunjung ke perpustakaan adalah: (1) mengerjakan tugas-tugas akademik; (2) mencari informasi akademik untuk kepentingan tugas dari dosen; (3) menambah wawasan.

    OBSERVASI
    Jawab: Observasi adalah Proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis mengenai gejala-gejala yang diteliti.
    Contoh: Observasi tentang Penggunaan Teknologi.
    Teknologi adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan manusia untuk membantu pekerjaan dan membuat pekerjaan lebih mudah. Pada saat ini, teknologi digunakan dari usia dewasa hingga anak-anak. Teknologi dapat berupa mesin atau benda dengan cara untuk membantu manusia. Tetapi banyak anak-anak dan pelajar menggunakan computer untuk mengerjakan tugas sebagai bentuk positif dari kemajuan teknologi. Teknologi sudah ada sejak era globalisasi dimulai dari penemuan-penemuan kecil hingga besar. Penggunaan teknologi bagi pelajar sangat penting. Diantaranya, menambah pengetahuan belajar. Namun orangtua tetap harus memperhatikan anaknya agar tidak terpengaruh hal-hal negatif. Karena computer yang digunakan banyak hal buruk seperti game. Saat ini, internet yang diperlukan adalah internet yang positif.
    Zaman sekarang, banyak teknologi yang bermanfaat, ada juga yang tidak. Jika teknologi yang tidak bermanfaat digunakan maka akan merugikan. Tetapi jika positif maka menguntungkan seperti pelajar yang emnggunakan computer untuk menyelesaikan tugas. Namun teknologi berpengaruh negatif karena manusia menjadi malas. Meskipun begitu, teknologi tetap penting. Karena teknologi dibutuhkan oleh pelajar.

    BalasHapus
  4. Nama : Indriyani
    Nim : 1150875
    Kelas : 11.4A.25
    No.Absen : 5

    1.APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Jawab : Data hasil penelitian adalah suatu penelitian yang telah kita lakukan melalui data-data atau bukti-bukti yang akurat lalu disusun dengan baik atau berupa fakta-fakta yang ada pada saat kita melakukan penelitian.

    2.JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA

    -WAWANCARA
    Jawab : Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap narasumber atau sumber data.
    contoh : pertanyaan terbuka yaitu menggambarkan pilihan bagi orang yang diwawancarai untuk merespons. Mereka terbuka dan bebas merespons.Respons dapat berupa dua kata atau dua paragraf.
    contohnya :- Bagaimana pendapat Anda tentang kondisi bisnis ke bisnis ecommerce di perusahaan Anda ?
    - Apa tujuan terpenting departemen Anda ?
    - Sekali data diajukan lewat website bagaimana data-data tersebut akhirnya diproses ?
    - Gambarkan proses monitoring yang tersedia secara online?
    - Apa rasa frustasi terbesar yang Anda alami selama masa peralihan menuju e-commerce ?

    -KUESIONER
    Jawab : Kuesioner merupakan alat riset atau survey yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos.
    contoh : Kuesioner format pasti seperti opinion/choice questions yaitu jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya contohnya sebagai berikut :
    -Bagaimana pendapat Anda tentang komputerisasi yang akan dilakukan ini ?
    1 = Sangat setuju 4 = Tidak setuju
    2 = Setuju 5 = Sangat tidak setuju
    3 = Kurang Setuju

    -OBSERVASI
    Jawab :Observasi atau pengamatan adalah salah satu metode dalam pengumpulan data saat membuat sebuah karya tulis ilmiah.
    contoh : Observasi tentang Narkoba Menyerang Generasi Bangsa

    Narkoba merupakan bahan berbahaya yang jika disalahgunakan akan mengakibatkan ketergantungan pada pemakainya dan pada akhirnya akan membawa pada kematian jika dikonsumsi secara terus menerus.Saat ini target para pengedar adalah kalangan remaja antara 15 - 25 tahun yang masih sangat mudah untuk ikut-ikutan karena kejiwaannya masih labil dan massih mudah terpengaruh teman-teman pergaulannya. Kita semua tahu bahwa anak-anak remaja pada usia tersebut adalah bunga bangsa yang baru merekah yang sangat dinanti-nantikan untuk meneruskan bangsa Indonesia kelak untuk menjadi negara yang lebih sejahtera lagi. Saat ini terdapat 4 juta orang di Indonesia yang menggunakan atau menyalahgunakan narkoba dan dari jumlah tersebut, sebanyak 22 % adalah remaja dalam rentang usia tersebut.
    Pada umumnya pengguna narkoba yang berusia remaja banyak yang mengkonsumsi ganja dan prikotropika seperti Sedatin (Pil BK), Rohypnol, dan Megadon.Namun mulai tahun lalu pemerintah bersama instansi-instansi terkait bertekad menekan angka penggunaan narkoba pada pelajar hingga ke angka 0%.Namun upaya tersebut pasti membutuhkan kerja keras.Saat ini saja pemerintah telah menggandeng 59 kampus di Jakarta untuk melakukan pengawasan pada pengedar dan penyalahguna narkotika.Namun peran keluarga juga sangat dibutuhkan demi menangkal serangan narkoba pada anak-anak remaja.Pendidikan agama serta kedekatan anak dengan orang tua dirasa mampu untuk mengurangi resiko anak terkena teror narkoba ini.Penelitian dan pengamatan ini bertujuan untuk memberikan data dan fakta yang terjadi secara global di Indonesia tentang ancaman narkoba pada generasi bangsa yang sangat di harapkan membawa bangsa ini pada tempat yang lebih layak dengan rakyat yang sejahtera. Maka dari itu diperlukan peran berbagai pihak agar menghindari sanak saudara dari bahaya narkoba dan jika sudah menjadi pecandu narkoba diharapkan pihak terdekat baik keluarga maupun kerabat dapat membawanya ke panti rehabilitasi narkoba agar tingkat ketergantungan dapat dikurangi. Dengan cara-cara tersebut dalam kurun waktu 5-10 tahun kedepan diyakini pengguna narkoba akan menurun drastis terutama pada kalangan remaja.

    BalasHapus
  5. Nama : Ismi Cholidah
    Nim : 11150973
    Kelas: 11.4A.25

    APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Jawab: Data Hasil Penelitian adalah sebuah informasi berupa data yang nyata dan fakta sesuai penelitian

    JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    WAWANCARA
    Jawab: Wawancara adalah teknik pengumpulan data apabila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti dengan cara tatap muka antar dua pihak
    contohnya:
    A : menurut Anda bagaimana keadaan perpustakaan kota di Bandarlampung saat ini?
    B : Bisa dibilang lebih maju.Kualitasnya sudah mulai diperbaiki.Koleksi-koleksi bukunya pun saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman
    A : Sebenarnya seberapa penting perbaikan kualitasnya?
    B ; Bagi perpustakaan yang benar-benar berorientasi pada pendidikan sangat penting.Ini untuk mendorong minat baca masyarakat
    A : Buku apa yang paling menarik minat baca masyarakat menurut Anda?
    B : Yang saya ketahui masyarakat terutama generasi muda lebih berminat pada buku
    cerita

    KUESIONER
    Jawab: Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disiapkan oleh peneliti dimana tiap pertanyaannya berkaitan dengan masalah penelitian
    contohnya: Apakah anda merasa bahwa Negara kita membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit peraturan perundang-undangan mengenai antipolusi?
    o Membutuhkan lebih banyak
    o Membutuhkan lebih sedikit
    o Tidak lebih maupun kurang
    o Tidak memberikan pendapat

    OBSERVASI
    Jawab: Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan secara sistematis dan sengaja,yang dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan gejala-gejala yang diselidiki
    contohnya: Observasi Tentang Sampah
    Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau
    degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat.Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri.

    BalasHapus
  6. Nama: Ria Amelia

    Nim.   :11151134

    Kelas : 11.4A. 25









    APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?

    Jawab:

    Pengertian data hasil penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan.



    JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT  KATA

    1.WAWANCARA

    merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.

    Contoh :

    M: selamat sore pak,  menurut anda bagaimana pendapat anda tentang program pemerintah saat ini?

    R: iyah selamat sore , menurut saya bagus,  hanya saja lebih ditingkatkan lagi dalam permasalahan macet dan pengangguran yang menyebabkan terjadinya kejahatan dimana-mana.

    M:baik bapak,  terimakasih atas kritikannya semoga didengar oleh pemerintah ya pak, baik terimakasih bapak atas waktunya.

    R: iyah sama-sama mba



    2.KUESIONER

    Kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang diperbuat dengan tutorial memberi seperangkat pertanyaan alias pernyataan tertulis terhadap responden. Angket merupakan instrumen untuk tipe penelitian kuantitatif.

    Contoh:

    Bagaimana penilaian anda tentang kemajuan kota Jakarta?

    1.sangat bagus dan memuaskan

    2.bagus sekali

    3.bagus

    4.biasa saja



    3.OBSERVASI

    Observasi yang berarti pengamatan bertujuan untuk mendapatkan data tentang suatu masalah, sehingga diperoleh pemahaman atau sebagai alat re-checkingin atau pembuktian terhadap informasi / keterangan yang diperoleh sebelumnya.Sebagai metode ilmiah observasi biasa diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan fenomena-fenomena yang diselidiki secara sistematik

    Contoh Teks Observasi :

    Burung Merpati

    Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. .APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    WAWANCARA
    KUESIONER
    OBSERVASI
    BERICONTOH SEDERHANA?

    WAWANCARA: merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dengan narasumber dengan tujuan ingin mengetahui tentang data-data yang ingin diketahui dari narasumber tersebut.
    CONTOH :
    W : Selamat Siang bapak menurut bapak bagaimana cara menyikapi kebanjariran di jakarta ini yang setiap tahunya mengalami kebanjiran
    B : selamat siang juga, menurut saya kita harus menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan karna sampah adalah satu penyumbat selokan yg dapat menyebabkan banjir menanam pohon atau tanaman di area diarea disekitar rumah,membersihkan selokan membuat sumur serapan penggunaan paving stone untuk jalanan.
    W : baik pak terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat bagi para pembaca agar bisa lebih menjaga kebersihan dan melestarikan tanaman.

    -KUESIONER : suatu teknik pengumpulan data atau informasi yang dikumpulkan oleh peniliti yang disiapkan untuk mengukur apa yang dikemukan dalam wawancara.
    CONTOH : sekolah mana yang anda suka
    a.SD utama jaya
    b.SDN mawar
    c.SD jaya pura
    d.SD 011

    -OBSERVASI : peneliti yang mengamati langsung dalam pengumpulan data tujuanya untuk mendapatkan atau mengontrol ke keandalan (reliabilitas) dan kesahihannya (validitasnya).
    CONTOH :
    RUMPUT : adalah tumbuhan monoktil yang mempunyai bentuk dau yang sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang rumput berasal dari keluarga poace,Daun rumput yang biasa ada di pekarangan rumah kita panjangnya antara 5 – 10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan dan sulit di kontrol pertumbuhanya Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, rumput manila, rumput teki, rumput kucai, dan rumput ilalang.






    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Nama : Rahmawati
    Kelas : 11.4A.25
    Nim : 11150936
     APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Data Penelitian adalah segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.
     WAWANCARA
    Wawancara adalah suatu cara mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau autoritas atau seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah.

    Wawancara Kelompok
    Wawancara kelompok ialah sebuah wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara kepada suatu narasumber dan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Hal ini hampir sama dengan wawancara konferensi, tetapi pada wawancara kelompok suatu pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh setiap pewawancara berbeda – beda.
    Contohnya : wawancara kepada seorang artis, pejabat, atau group band yang berprestasi atau sedang terkena skandal

     KUESIONER
    Angket / Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Angket diisi oleh responden sesuai dengan yang “dia” kehendaki/ketahui/rasakan.
    Contohnya
    Kapan kita bisa menggunakan angket untuk penelitian ?

     OBSERVASI
    Observasi yang berarti mengamati bertujuan untuk mendapat data tentang suatu masalah sehingga diperoleh pemahaman atau sebagai alat rechecking, atau pembuktian terhadap informasi/keterangan yang diperoleh sebelumnya.
    Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Minuman (Benda)
    Jenis – Jenis Minuman

    Minuman adalah segala sesuatu yang dapat di konsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

    Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah – buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat.

    Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan. Pewarna alami adalah pewarna yang mengandalkan bahan – bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, contohnya digunakan pada jamu. Pewarna buatan adalah pewarna yang terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami yang diproses secara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang di produksi secara massal di pabrik, contohnya minuman – minuman yang di jual di supermarket.

    Minuman yang beredar, ada yang di produksi secara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik jika dilihat dari tampilannya, kemasan yang digunakan lebih menarik, terdapat nama pabrik dan kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, dan terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket. Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang digunakan sederhana, tidak ada bar kode yang digunakan untuk penjualan di supermarket, dan jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

    BalasHapus
  11. Nama : Santi Kurniasih
    NIM : 11151156
    Kelas : 11.4A.25

    APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Data hasil penelitian adalah data yg berasal dari berbagai sumber yang dikumpulkan dengan menggunakan berbagai teknik selama kegiatan penelitian berlangsung.

    JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    WAWANCARA
    KUESIONER
    OBSERVASI
    BERICONTOH SEDERHANA?

    WAWANCARA
    Wawancara adalah teknik penelitian yang dilaksanakan dengan cara dialog, baik secara langsung (tatap muka) maupun melalui siaran media tertentu antara pewawancara dengan yang diwawancarai sebagai sumber data.
    Contoh :
    Wawancara terstruktur
    1) Bagaimanakah tanggapan Anda terhadap pelayanan bidang kesehatan di kota ini?
    a) Sangat bagus
    b) Bagus
    c) Tidak bagus
    d) Sangat tidak bagus
    Wawancara tidak terstruktur
    Bagaimanakah pendapat Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang impor gula saat ini?dan bagaimana dampaknya terhadap pedagang?

    KUESIONER
    Kuesioner adalah metode penelitian berupa daftar pertanyaan atau pernyataan secara tertulis yang harus dijawab atau diisi oleh responden sesuai dengan petunjuk pengisiannya.
    Contoh :
    Apakah anda pernah berfikir dampak social media terhadap anda?
    a. Tidak pernah
    b. Kadang
    c. Sering
    d. Selalu

    OBSERVASI
    Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung maupun tidak tentang hal-hal yang diamati dan mencatatnya pada alat observasi.
    Contoh :
    Observasi Tentang Ragam Media Sosial
    Media sosial adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, saling berbagi, dan membangun jaringan.
    Media sosial yang paling popular di kalangan masyarakat adalah Facebook, Instagram, BBM, dan Whatsapp. Facebook merupakan media sosial terpopuler di dunia. Facebook memiliki fitur chating atau obrolan yang digunakan untuk mengobrol dan mengirim pesan kepada orang lain yang juga menggunakan Facebook.
    Yang kedua adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial yang digunakan untuk berbagi foto atau video. Instagram menyediakan fitur chating dan instagram story yang digunakan untuk mengunggah aktivitas-aktivitas pengguna Instagram melalui foto atau video.
    BBM (BlackBerry Messenger) merupakan aplikasi pesan instan yang dikeluarkan oleh perusahaan BlackBerry. Dengan aplikasi ini seseorang dapat berbagi informasi, seperti teks, gambar, dan video. BBM menggunakan fitur PIN sebagai identitas akun BBM.
    Selanjutnya, Whatsapp merupakan aplikasi menggunakan nomor telepon. Jadi, jika kita ingin menambahkan sesorang ke dalam kontak Whatsapp, kita cukup memasukkan nomor telepon orang tersebut ke dalam kontak telepon seluler kita.
    Semua jenis media sosial diatas merupakan wujud perkembangan teknologi saat ini. Dengan adanya media sosial, kita dapat bersosialisasi dengan orang lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.. Manfaat lain dari media sosial adalah untuk memperbanyak teman, media hiburan, menerima informasi, meminta bantuan, menambah pengetahuan, dan menambah penghasilan.

    BalasHapus
  12. Data Penelitian
    usaha yang sistematis dalam
    rangka menyediakan jawaban maupun pembuktian atas beberapa pertanyaan ataupun hipotesis.

    wawancara
    percakapan antara dua orang atau lebih
    dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.
    contoh: wawancara dalam menseleksi pemilihan karyawan

    Kuesioner
    sutu daftar yang berisi pertanyaan pertanyaan yang harus dijawab/dikerjakan oleh responden
    atau orang tua/anak yang diselidik
    contoh: pendapat tentang pelayanan yang diberikan salah satu
    staf karyawan

    Observasi
    ialah proses dimana peneliti atau pengamat megadakan pengamatan secara langsung atau sistematis
    contoh: penelitian dari banyak manfaat dari buah/pohon kelapa. :)

    BalasHapus
  13. Nama : Ruth Natalia Elisabet
    Kelas : 11.4A.25
    NIM : 11151988

    Data Penelitian
    usaha yang sistematis dalam
    rangka menyediakan jawaban maupun pembuktian atas beberapa pertanyaan ataupun hipotesis.

    wawancara
    percakapan antara dua orang atau lebih
    dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.
    contoh: wawancara dalam menseleksi pemilihan karyawan

    Kuesioner
    sutu daftar yang berisi pertanyaan pertanyaan yang harus dijawab/dikerjakan oleh responden
    atau orang tua/anak yang diselidik
    contoh: pendapat tentang pelayanan yang diberikan salah satu
    staf karyawan

    Observasi
    ialah proses dimana peneliti atau pengamat megadakan pengamatan secara langsung atau sistematis
    contoh: penelitian dari banyak manfaat dari buah/pohon kelapa

    BalasHapus
  14. Nama : Vikky Koerniawan
    NIM : 11151832
    Kelas: 11.4A.25

    1. APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    JAWAB : Data Hasil Penelitian adalah dimana suatu eksperimen atau pengamatan yang dilakukan dengan tapat dan akurat kepada suatu objek tertentu, yang kemudian mendapatkan hasil yang dapat dinilai secara benar.

    2. JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA!
    *WAWANCARA : Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya.
    Contoh wawancara bertema pendidikan :
    Penanya : bapak mengajar di sekolah ini sudah hampir berapa tahun?
    narasumber : bapak mengajar di sekolah ini sudah sekitar 30 an tahun
    Penanya : apakah ada bagian-bagian yang berbeda dari sekolah ini pak?
    narasumber : yah, memang banyak yang telah diubah dari sekolah ini, baik itu gedungnya maupun sistempembelajarannya
    Penanya : bagian mana sajakah itu pak?
    narasumber : Banyak sekali. Bbagian seluruh ruang kelas INI, kini sudah di ubin. Dan juga cat tembok setiap 1 tahun sekali juga harus diganti.

    *KUESIONER : Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.
    contoh kuesioner :
    - Operator yang digunakan saat ini untuk koneksi internet :
    A. Telkomsel
    B. XL
    C. Indosat
    D. Three
    E. AXIS

    *OBSERVASI : observasi adalah aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas, terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yangdibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian. Ilmu pengetahuan biologi dan astronomi mempunyai dasar sejarah dalam pengamatan oleh amatir. Di dalam penelitian, observasi dapat dilakukan dengan tes, kuesioner,rekaman gambar dan rekaman suara.
    contoh observasi hewan : Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

    BalasHapus
  15. Nama : Windy Rayi Taradita
    NIM : 11151835
    Kelas : 11.4A.25


    1. Apa yang anda ketahui dengan data hasil penelitian?
    JAWAB: Data hasil penelitian adalah kumpulan informasi(bukti-bukti) yang didapat dari suatu eksperimen yang hasil kebenarannya bisa dipercaya.

    2. Jelaskan dalam penelitian terdapat kata:
    a.Wawancara
    JAWAB: Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap narasumber atau sumber data.
    Contoh wawancara:
    Pewawancara : Bagaimana pendapat anda tentang kebersihan lingkungan disekolah?
    Narasumber : Lingkungannya sudah bersih tetapi kelasnya masih ada yang kotor.
    Pewawancara : Menurut anda, seberapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan?Dan berikan alasannya!
    Narasumber : Penting sekali, karena kebersihan dapat mempengaruhi kesehatan.
    Pewawancara : Bagaimana tanggapan anda mengenai kesadaran para siswa akan kebersihan lingkungan?
    Narasumber : Para siswa belum semuanya menyadari akan pentingannya kebersihan disekolah.
    Pewawancara : Apa yang menjadi harapan anda kedepan tentang kebersihan lingkungan di sekolah ini?
    Narasumber : Saya berharap semoga semua warga sekolah sadar akan pentingannya kebesihan lingkungan di sekolah. Karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk, dan sehat.
    b.Kuesioner
    JAWAB: Kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya.
    Contoh kuesioner :
    Pelayanan yang cepat dari operator apabila terjadi keluhan
    1=sangat setuju 2=setuju
    3=netral 4=tidak setuju
    5=sangat tidak setuju
    c.Observasi
    JAWAB: Obrservasi(pengamatan langsung) merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi).
    Contoh observasi :
    Kantong Semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. Tumbuhan ini memangsa serangga dengan cara membuka kantung mulutnya lebar-lebar. Ketika ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini langsung menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. Tumbuhan kantong semar mulai di konservasikan di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya agar tumbuhan ini tidak punah dan tetap terjaga kelestariannya.

    BalasHapus
  16. Nama : Siti Rohmah
    Nim : 11150115
    Kelas : 11.4A.25

    1. Apa yang anda ketahui dengan data hasil penelitian ?
    JAWABAN : suatu keterangan atau informasi yang diperoleh melalui suatu ekperimen yang hasilnya berdasarkan fakta

    2. Jelaskan dalam penelitian terdapat kata ?
    *Wawancara : percakapan antara dua orang atau yang bermaksud untuk memperoleh suatu informasi
    -Contoh :
    Pewawancara : Bapak mengajar di sekolah ini sudah berapa tahun
    Narasumber : Sudah sekitar 10 tahun
    Pewawancara : Kenapa bapak mendedikasikan menjadi seorang guru?
    Narasumner : karena saya lihat anak anak jaman sekarang sudah banyak yang malas dan saya ingin menjadi anak anak ini menjadi rajin kembali
    * Kuesioner : Suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan penulis mempelajari sikap sikap, keyakinan dan perilaku beberapa orang utama didalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada
    -Contoh : kepuasan pelayanan terhadap pelanggan

    * Observasi : observasi berasal dari bahasa latin yang berarti melihat atau observasi diarahkan kepada kegiatan memperhatikan secara akurat mecatat fenomena yang muncul dan mempertimbangkan antara aspek dalam fenomena tersebut
    -Contoh : Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses didunia, karena burung jenis ini ditemui diseluruh belahan dunia kecuali amerika

    BalasHapus
  17. Nama: Ferdi Kurniawan No. Absen: 18
    NIM: 11150972
    KLS: 11.4A.25

    1. APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Jawab:
    Data yang dihasilkan dari proses penelitian, didasarkan oleh kenyataan (fakta) selama penelitian sehingga bisa diharapkan memenuhi target penelitian

    2.JELASKAN DALAM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    -WAWANCARA
    -KUESIONER
    -OBSERVASI
    Jawab:
    -Wawancara: Proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab dan bertatap muka antara pewawancara dengan narasumber, biasanya menggunakan panduan wawancara
    -Kuesioner: Salah satu cara memperoleh data penelitian dengan media kuesioner (kertas/halaman berisi pertanyaan, biasanya jawaban berupa pilihan berganda) yang akan dijawab oleh narasumber / objek penelitian
    -Observasi: Salah satu cara memperoleh data penelitian dengan cara mengamati langsung objek penelitian, biasanya digunakan untuk meneliti objek penelitian bukan manusia (benda, hewan, tumbuhan)

    3. BERI CONTOH SEDERHANA?
    -Wawancara: Wawancara terstruktur, interogasi, dll
    -Kuesioner: Sensus penduduk
    -Observasi: Pengamatan satwa liar (National Geographic Channel)

    Mengenai pernyataan bapak Nurhadi mengenai Tsunami = Banjir, tanggal 30 Maret 2017
    Ini saya tulis atas dasar penasaran dan agak geregetan karena pemahaman yang saya dapat dari SD berbeda dengan yang bapak katakan
    Tsunami berbeda dengan Banjir dan Banjir Bandang
    Tsunami berasal dari bahasa Jepang Tsu ( 津=Pelabuhan) dan Nami (波=Ombak/Pasang) yang secara harfiah berarti Tidal Wave (Gelombang Pasang), bukan dari pulau Tsunami di Aceh
    Pulau Tsunami di Aceh merupakan objek wisata
    ( tentang asal usul Pulau Tsunami: https://islamicofaceh.wordpress.com/2010/10/23/pulau-tsunami/)
    Jakarta rata pak kalau Banjir sebesar ini: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/transcoded/3/3d/Simulaci%C3%B3n_Tsunami.ogv/Simulaci%C3%B3n_Tsunami.ogv.480p.webm

    Kesamaan Tsunami dan Banjir: Banjir juga bisa disebabkan oleh pasang laut


    Ekstra:
    -Banjir: Diakibatkan karena volume di suatu badan air meluap dan keluar dari batas alaminya
    -Banjir Bandang: Banjir yang umum terjadi di dataran rendah, terjadi secara tiba" akibat hujan deras yang dapat menghanyutkan benda" besar (motor, mobil, pohon tumbang, dll)

    sekian dari hasil google search dan buku SD, SMP saya, mohon maaf bila ada kata" yang kurang pantas

    BalasHapus
  18. Nama : Indah Novi Yanti
    Kelas : 11.4A.25

    Maaf telat pak 🙏

    1.Data hasil penelitian adalah data yang berisi informasi berupa fakta - fakta yang akurat dari kegiatan penelitian untuk memecahkan suatu masalah.

    2.Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab antara pewancara dan narasumber.Contoh wawancara : wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa pertanian dengan menteri pertanian dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait memaksimalkan lahan pertanian secara langsung.

    3.Kuisioner adalah alat riset atau survei yang terdiri dari serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos,daftar pertanyaan.
    Contoh : Kuisioner tentang seberapa penting perkembangan teknologi untuk para penjual onlineshop

    4.Observasi adalah salah satu metode penelitian dengan cara penggumpulan data,menganalisis dan pengolahan data sehingga mendapat kesimpulan berupa fakta - fakta akurat sehingga dibuat dalam sebuah karya tulis ilmiah.
    Contoh : Observasi dampak limbah pabrik disekitar sungai dengan cara mendatangi langsung tempat yg dijadikan observasi serta menganalisis variabel-variabel yang berpengaruh dalam observasi tersebut.

    BalasHapus
  19. Nama : Deby Pratiwi
    NIM : 11151976
    Kelas : 11.4A.25

    --- Apa yang anda ketahui dengan data hasil penelitian?
    ~> Data hasil penelitian merupakan sebuah dokumen yang berupa angka, simbol atau penggabungan lainnya yang telah diteliti sebelum diolah menjadi data.

    --- Jelaskan dalam penelitian terdapat kata
    a) Wawancara
    Wawancara sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara bertanya kepada narasumber dengan maksud dan tujuan tertentu.
    Contoh sederhananya yaitu saat seorang mahasiswa mendapat tugas dari dosen untuk mengetahui seberapa luas wawasan kebanyakan masyarakat tentang jenis-jenis narkoba. Pasti diharuskan untuk mewawancarai satu atau dua masyarakat, bahkan bisa mewawancarai pihak kepolisian bagian narkotika dan obat-obatan terlarang.
    b) Kuesioner
    Kuesioner merupakan beberapa pertanyaan yang diberikan kepada banyak pihak terkait, demi memenuhi sebuah tugas sekolah, kuliah, maupun dalam dunia masyarakat itu sendiri.
    Contoh sederhananya yang pernah saya lihat dan saya ikuti adalah, ada seorang calon dokter muda mendapat tugas untuk memberikan kuesioner kepada remaja wanita tentang pentingnya mengetahui tentang serba-serbi sex bebas. Bukan untuk berlaku vulgar, tetapi ini memberikan pelajaran agar remaja tidak terjerumus pada sex bebas yang mengakibatkan hamil diluar nikah, maka calon dokter muda itu mengajukan setidaknya 20-50 pertanyaan dalam format hardcopy.
    c) Observasi
    Observasi dapat diartikan sebagai suatu penelitian tanpa mengajukan pertanyaan seperti wawancara dan kuesioner, melainkan mengamati sebuah objek benda mati maupub mahluk hidup dan menghasilkan sebuah data yang bisa di share ke banyak pihak.
    Contoh sederhananya yaitu pada saat seorang Dokter sedang mengamati pasien, saat datang pasien mengeluh sakit kepala dan saat di tensi ternyata tekanan darahnya tinggi. Sang Dokter memberi satu resep obat dan meneliti selama kurleb 1-2 jam untuk mengobservasi apakah obat itu bekerja dengan baik, atau malah membuat pasien menjadi semakin buruk keadaannya.

    BalasHapus
  20. Nama :ika febriana saputri
    Kelas :11.4A.25
    Nim :11150408

    1.APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    jawab:Proses pengumpulan/pengelompokan data dugaan sementara tentang menganalisa suatu informasi kegiatan tertentu yang didapat melalui wawancara, keterangan informasi berdasarkan fakta yg akurat & pengujian.

    2.WAWANCARA
    adalah proses tanya jawab tentang suatu pertanyaan wawancara kepada narasumber berdasarkan fakta yang akurat.
    3.KUESIONER
    adalah :analisa informasi suatu daftar pertanyaan yang harus direspon dikerjakan & dijawab.
    4.OBSERVASI
    adalah proses pengamatan dan pencatatan aktivitas informasi - informasi yang dibutuhkan suatu peniliatan
    BERICONTOH SEDERHANA?
    *contoh wawancara :wawancara yg dilakuakan sekelompok mahasiswa dengan kepala sekolah denagan mengajukan beberapa pertanyaan yang diajukan
    *contoh kuesioner :ada berapa banyak jumlah siswa / siswi yang besekolah dan yang berprestasi.
    *contoh observasi :observasi manfaat dari limbah industri pabrik tahu seperti ampas tahu yang bisa digunakan,didaur ulang yang bisa bermanfaat dan dijual kembali.

    BalasHapus
  21. Nama: Nanda Novita
    kelas : 11.4A.25
    Nim : 11151851
    jawaban
    *Data hasil penelitian menurut yang saya ketahui adalah dimana data itu merupakan hasil observasi sebelumnya dalam kata lain kita melakukan pengamatan langsung kelapangan.
    *wawancara adalah proses tanya jawab antara penanya dan narasumber
    *kuesioner adalah survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau lainnya
    *observasi adalah proses pengamatan untuk mendapatkan informasi-informasi yg dibutuhkn untuk suatu misi penelitian.

    BalasHapus
  22. Nama : Senika Br Sitepu
    Nim : 11151174
    Kelas: 11.4A.25

    1). Apa yang anda ketahui dengan data hasil penelitian?

    JAWAB: data hasil penelitian adalah data yang diperoleh dari lapangan yang dapat berujut suatu gambar,huruf,angka ataupun simbol-simbol.

    2). Jelaskan dalam penelitian terdapat kata
    -Wawancara
    -Kuesioner
    -Observasi
    dan masing-masing contoh !
    JAWAB: >>> Wawancara adalah suatu proses yang mengharuskan penafsiran dan penyesuaian terus-menerus dan salah satu cara untuk mencari fakta dengan mengingat sebuah peristiwa,mengutip pendapat dan opini narasumber dan melibatkan tanya jawab.
    Contoh:
    Pewawancara: Selamat pagi Ibu!
    Narasumber : Selamat pagi,,,ada yang bisa saya bantu?
    Pewawancara: Iya,,saya ingin menanyakan beberapa hal tentang hidup pola sehat.Sebenarnya apa pola hidup sehat itu bu?
    Narasumber : Pola hidup sehat adalah pola hidup yang memperhitungkan kesehatan tubuh,mulai dari aktivitas dan asupan makan yang berpengaruh kesehatan.
    Pewawancara: Bagaimana seseorang bisa melakukan pola hidup sehat?
    Narasumber : Pola hidup sehat sangat mudah untuk dijalankan.Mulai dari mengatur pola istirahat,pola makan dan pola olahraga.Pola tidur yang baik sebenarnya jam 9malam sampai jam 6 pagi,pola makan 4 sehat 5 sempurna juga dapat membantu kita untuk kesehatan tubuh,Selain itu pola olahraga juga perlu diperhatikan setidaknya harus tetap berolahraga minimal 3x seminggu secara teratur.
    Pewawancara : Baiklah,terimakasih atas informasi yang telah diberikan kepada saya.Selamat siang
    Narasumber : Iya sama-sama,,semoga informasi ini dapat bermanfaat,selamat siang.

    * KUESIONER>> suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap,keyakinan perilaku,dan karateristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.
    Contoh> Saya selalu mengeluh ketika disuruh orang tua
    a. Selalu
    b. Kadang-kadang
    c. Tidak pernah

    *Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan secara sistematis,objektif,logis dan rasional mengenai berbagai fenomena.
    contoh: OBSERVASI TENTANG SAMPAH
    sampah merupakan material yang tidak digunakan lagi setelah mengalami suatu proses.dapat bersumber dari alam,manusia,industri dan pertambangan.
    Sampah bisa dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya,
    Berdasarkan sifatnya dapat dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan anorganik. Contoh sampah organik adalah sisa makanan seperti sayuran,daun-daun kering dsb.
    contoh sampah anorganik adalah plastik,kaca,kaleng dsb.
    Dan berdasarkan bentuknya,sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat,sampah cair,sampah alam,sampah konsumsi,sampah manusia,dan sampah radio aktif











    BalasHapus
  23. NAMA : Cynthia Margareta
    NIM : 11161493

    data hasil penelitian :
    jawaban atau pembuktian atas hipotesis maupun pertanyaan.

    Yang dimaksud dengan wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden
    dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
    contoh :
    P : Apakah Anda mengetahui tentang peristiwa kebakaran yang terjadi di komplek pertokoan ini yang baru terjadi kemarin?
    S : Iya
    P : Kapan peristiwa kebakaran tersebut terjadi?
    S : Sekitar pukul 20.30 WIB.
    P : Di mana Anda berada saat kebakaran terjadi?
    S : Saya berada di dalam toko saya yang berjarak 300m dari kebakaran tersebut.
    P : Bagaimana tindakan Anda begitu mengetahui peristiwa tersebut?
    S :Langsung menelpon petugas pemadam kebakaran dan menyelamatkan berkas-berkas penting serta barang berharga lainnya.

    kuesioner yaitu daftar pertanyaan terstruktur.
    Jenis Pertanyaan dalam Kuesioner

    Pertanyaan Terbuka: pertanyaan yang memungkinkan responden memberikan jawaban sesuai dengan cara atau pendapatnya

    Misal:

    Sebutkan lima sifat pemimpin yang Anda sukai:

    1. ……………………………
    2. ……………………………
    3. ……………………………
    4. ……………………………
    5. ……………………………

    Bagaimana pendapat Anda tentang kepemimpinan supervisor Anda?

    Jawaban responden terhadap pertanyaan-pertanyaan terbuka akan sangat bervariasi.
    Pengelompokkan jawaban-jawaban serupa akan menjadi suatu pekerjaan yang tidak mudah

    2. Pertanyaan Tertutup: responden tinggal memilih jawaban di antara pilihan yang sudah disediakan
    Misal:
    Atasan Anda mendelegasikan tugas dengan jelas:
    1. Sangat Setuju Sekali
    2. Sangat Setuju
    3. Setuju
    4. Tidak Setuju
    5. Sangat Tidak Setuju
    observasi ialah pengamatan, meliputi kegiatan pemuatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan seluruh alat indra.
    contoh:
    Observasi terbuka, pada dasarnya tidak mempunyai sasaran atau struktur tertentu sebelum dilaksanakannya observasi.
    Peneliti cukup menyediakan lembar kertas kosong untuk mencatat hal-hal yang dinilai menarik atau penting selama observasi

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Nama : Dini Nopiani
    Nim : 11151575
    1. Data yang dihasilkan dari proses penelitian, didasarkan oleh fakta selama penelitian sehingga bisa diharapkan memenuhi target penelitian
    2.
    wawancara
    adalah proses percakapan yang berbentuk tanya jawab dengan tatap muka, wawancara adalah suatu proses pengumpulan data untuk suatu penelitian. Beberapa hal dapat membedakan wawancara dengan percakapan sehari-hari adalah antara lain:
    • Pewawancara dan responden biasanya belum saling kenal-mengenal sebelumnya.
    • Responden selalu menjawab pertanyaan.
    • Pewawancara selalu bertanya.
    • Pewawancara tidak menjuruskan pertanyaan kepada suatu jawaban, tetapi harus selalu bersifat netral.
    • Pertanyaan yang ditanyakan mengikuti panduan yang telah dibuat sebelumnya. Pertanyaan panduan ini dinamakan interview guide.
    contoh : wawancara dengan pemilik caffe untuk mendapatkan informasi tugas matakuliah metode ilmiah

    Kuesioner
    Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang telah disusun sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner, atau daftar pertanyaan tersebut cukup terperinci dan lengkap dan biasanya sudah menyediakan pilihan jawaban (kuesioner tertutup) atau memberikan kesempatan responden menjawab secara bebas (kuesioner terbuka).

    Penyebaran kuesioner dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti penyerahan kuesioner secara pribadi, melalui surat, dan melalui email. Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kelemahan, seperti kuesioner yang diserahkan secara pribadi dapat membangun hubungan dan memotivasi respoinden, lebih murah jika pemberiannya dilakukan langsung dalam satu kelompok, respon cukup tinggi. Namun kelemahannya adalah organisasi kemungkinan menolak memberikan waktu perusahaan untuk survey dengan kelompok karyawan yang dikumpulkan untuk tujuan tersebut.

    observasi
    Obrservasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi). Teknik ini digunakan bila penelitian ditujukan untuk mempelajari perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan dilakukan pada responden yang tidak terlalu besar.

    Participant Observation
    Dalam observasi ini, peneliti secara langsung terlibat dalam kegiatam sehari-hari orang atau situasi yang diamati sebagai sumber data.
    Misalnya seorang guru dapat melakukan observasi mengenai bagaimana perilaku siswa, semangat siswa, kemampuan manajerial kepala sekolah, hubungan antar guru, dsb.

    Non participant Observation
    Berlawanan dengan participant Observation, Non Participant merupakan observasi yang penelitinya tidak ikut secara langsung dalam kegiatan atau proses yang sedang diamati.
    Misalnya penelitian tentang pola pembinaan olahraga, seorang peneliti yang menempatkan dirinya sebagai pengamat dan mencatat berbagai peristiwa yang dianggap perlu sebagai data penelitian.
    Kelemahan dari metode ini adalah peneliti tidak akan memperoleh data yang mendalam karena hanya bertindak sebagai pengamat dari luar tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalam peristiwa.
    Alat yang digunakan dalam teknik observasi ini antara lain : lembar cek list, buku catatan, kamera photo, dll.

    BalasHapus
  26. NAMA :SANTI NATALYA
    NIM : 11151337
    KELAS: 11.4A.25

    APA YANG ANDA KETAHUI DENGAN DATA HASIL PENELITIAN?
    Data hasil penelitian adalah data yg berasal dari berbagai sumber yang dikumpulkan dengan menggunakan berbagai teknik selama kegiatan penelitian berlangsung.

    JELASKAN DlM PENELITIAN TERDAPAT KATA
    WAWANCARA
    KUESIONER
    OBSERVASI
    BERICONTOH SEDERHANA?

    Wawancara
    Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara speaker dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana pewawancara mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh orang yang diwawancarai.

    contoh:
    Penanya :”selamat siang pak fatih.”
    Narasumber :”selamat siang,nak.”
    Penanya :”begini pak,bolehkan saya mewawancarai bapak ?”
    Narasumber :”tentu saja, bisa ayo silahkan!”
    Penanya :”sudah hampir berapa tahun bapak berprofesi menjadi sebagai seorang guru?”
    Narasumber :”sudah sekitar 10 tahun.”
    Penanya :”kenapa bapak memilih mendedikasikan menjadi seorang guru?”
    Narasumber :”karena saya lihat anak anak pada zaman sekarang sudah banyak yang malas dan saya ingin anak anak ini
    menjadi rajin kembali.”
    Penanya :”apakah bapak pada awalnya memang bercita-cita ingin menjadi seorang guru?”
    Narasumber :”tidak nak, sebenarnya bapak ingin jadi dokter.”
    Penanya :”oh begitu ya pak, terimakasih atas wawancaranya maaf bila menganggu bapak,selamat siang.”
    Narasumber :”sama sama,selamat siang.”

    Kuesioner
    kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.

    contoh :
    kuesioner sikap perilaku merokok

    1.Menurut kamu, apakah rokok berbahaya bagi kesehatan?
    a.Ya
    b.Tidak
    2.Berbahaya bagi kesehatan siapa?
    a.Perokok itu sendiri
    b.Orang di sekitar perokok tersebut
    c.Perokok dan orang disekitar perokok
    3.Menurut kamu, seberapa besar risiko/akibat buruk yang ditimbulkan rokok pada orang di sekitar perokok?
    a.Lebih kecil risikonya dari perokok
    b.Sama risikonya dengan perokok
    c. Lebih besar risikonya dari perokok
    4.Orang yang tidak merokok tapi karena dia sering berada di dekat orang yang sedang merokok dan ikut menghirup asap rokok tersebut disebut?
    a.Perokok aktif
    b.Perokok pasif


    OBSERVASI
    observasi adalah Proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis mengenai gejala-gejala yang diteliti. Observasi ini menjadi salah satu dari teknik pengumpulan data apabila sesuai dengan tujuan penelitian, yang direncanakan dan dicatat secara sistematis, serta dapat dikontrol keandalan (reliabilitas) dan kesahihannya (validitasnya).

    contoh:
    Tumbuhan Langka di Indonesia

    Indonesia merupakan negara yang kaya akan seumber daya alamnya. Berbagai jenis tumbuhan hidup di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara yang subur karena berada pada iklim tropis.

    Walaupun demikian, masih terdapat beberapa spesies tumbuhan yang terancam punah. Hal ini disebabkan karena aktivitas manusia dalam menebang hutan secara liar, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

    Beberapa tumbuhan langka tersebut berada di Indonesia dan sangat sulit sekali ditemukan sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk melestarikan tanaman langka tersebut.

    1. Bunga Bangkai

    Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan.

    2.Tumbuhan Damar

    Tumbuhan ini dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti di Ternate, Lampung, dan Samar. Dalam pertumbuhannya, pohon damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

      Hapus